Bagaimana Cara Merawat Sauna Heater Anda?

Kenali dahulu tipe sauna heater yang anda miliki!

Ruang Sauna Tradisional – atau yang sering disebut dengan sauna gaya Finlandia dapat menggunakan 3 jenis sauna heater:

Hampir semua sauna di dalam ruangan (indoor), mengunakan Sauna Heater Elemen (Element) Listrik atau sauna heater electric yang menyediakan pemanasan dengan batu vulkanik untuk memancarkan panas ke seluruh ruangan. Sauna heater dengan pemanas listrik ini adalah yang paling umum dipakai karena paling praktis.

Namun beberapa sauna gaya Finlandia masih menggunakan Tungku Pembakaran Kayu untuk memanaskan bebatuannya. Kompor pembakaran kayu benar-benar hanya digunakan di sauna dan kabin luar ruangan atau mungkin di lokasi pedesaan dimana listrik masih belum praktis diakses. Bagi beberapa orang, bau asap kayu dan tampilan api merupakan bagian penting dari pengalaman bersauna dan sauna jenis ini adalah warisan asli sauna itu sendiri.

Metode pemanasan ketiga dan paling modern adalah dengan Elemen Inframerah dan Inframerah Jauh yang memanaskan tubuh secara langsung.

Elemen Tungku Sauna

Berikut panduan perawatan pemanas Sauna Heater TIPE LISTRIK (elemen heater).

Pemanas sauna listrik dengan element heater sangat bersih dan paling bisa diandalkan karena tidak perlu dibersihkan setelah pemakaian.

Biasakan untuk melihat bebatuan di pemanas dari waktu ke waktu dan menggantinya jika ada batu yang terlihat retak. Jika batu pecah, mereka akan menghasilkan debu dan partikel kecil yang membatasi aliran udara di sekitar elemen pemanas dan memperlambat proses pemanasan sehingga membuat sauna element heater menggunakan lebih banyak energi.

Jika menemukan bebatuan yang retak atau pecah, segera bersihkan debu dan bersihkan puing-puing bebatuan dengan hati-hati. Tentu saja hanya lakukan pemeriksaan dan pembersihan ini saat pemanas benar-benar dingin dan saklar listrik dimatikan.

PENTING! Pemanas listrik harus dipasang oleh teknisi listrik yang berkualifikasi dan jika operasional mesin gagal karena hal apapun – mungkin termostat atau timer gagal – maka perbaikan juga harus dilakukan oleh teknisi listrik yang berkualifikasi. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Berikut panduan perawatan pemanas Sauna Heater Tipe INFRARED (inframerah).

Tidak perlu dilakukan pembersihan atau perawatan setelah pemakaian dan karena komponen utama sauna inframerah menggunakan elektronik, sangat dianjurkan untuk sauna inframerah dan inframerah jauh dipasang dan dipelihara oleh teknisi listrik yang berkualitas.
 
Itulah cara-cara perawatan mesin sauna. Demikian informasi tambahan yang kami miliki. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *

Facebook Twitter Google Plus Instagram YouTube
WhatsApp 087775535568